Imam Malik memakruhkan Puasa Enam

Bismillahirrahmannirrahim

PUASA ENAM




Berikut merupakan sedikit pembacaan dan nota yang saya lakukan 07 April 2014, Putrajaya tentang Pendapat Imam Malik memakruhkan Puasa Enam atas alasan tertentu.

1) Dalam Al-Muwatha disebutkan :


وَحَدَّثَنِي عَنْ مَالِك أَنَّهُ سَمِعَ أَهْلَ الْعِلْمِ لَا يَكْرَهُونَ السِّوَاكَ لِلصَّائِمِ فِي رَمَضَانَ فِي سَاعَةٍ مِنْ سَاعَاتِ النَّهَارِ لَا فِي أَوَّلِهِ وَلَا فِي آخِرِهِ وَلَمْ أَسْمَعْ أَحَدًا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ يَكْرَهُ ذَلِكَ وَلَا يَنْهَى عَنْهُ قَالَ يَحْيَى وَسَمِعْت مَالِك يَقُولُ فِي صِيَامِ سِتَّةِ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ إِنَّهُ لَمْ يَرَ أَحَدًا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَالْفِقْهِ يَصُومُهَا وَلَمْ يَبْلُغْنِي ذَلِكَ عَنْ أَحَدٍ مِنْ السَّلَفِ وَإِنَّ أَهْلَ الْعِلْمِ يَكْرَهُونَ ذَلِكَ وَيَخَافُونَ بِدْعَتَهُ وَأَنْ يُلْحِقَ بِرَمَضَانَ مَا لَيْسَ مِنْهُ أَهْلُ الْجَهَالَةِ وَالْجَفَاءِ لَوْرَأَوْا فِي ذَلِكَ رُخْصَةً عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ وَرَأَوْهُمْ يَعْمَلُونَ ذَلِكَ 

Terjemahan : “Yahya berkata : Aku mendengar Malik berkata tentang puasa enam hari setelah berbuka (Aidul Fitri) dari bulan Ramadlan : Bahwasannya ia (Malik) tidak melihat seorang ulama pun dan fuqahaa yang melakukan puasa ini dan ia juga tidak mendengar itu seorang pun dari kaum salaf. Para ulama telah memakruhkannya dan mereka takut itu termasuk bid’ah. Mereka juga takut orang yang tidak mengerti akan menyamakannya dengan puasa Ramadlan ketika mereka melihat ulama membolehkannya dan melakukannya”
Sumber : Link


Sulaiman bin Khalaf al-Baajy al-Andalusy (wafat: 474-H) dalam al-Muntaqa Syarhul Muwaththa :


وَهَذَا كَمَا قَالَ إنَّ صَوْمَ هَذِهِ السِّتَّةِ الْأَيَّامِ بَعْدَ الْفِطْرِ لَمْ تَكُنْ مِنْ الْأَيَّامِ الَّتِي كَانَ السَّلَفُ يَتَعَمَّدُونَ صَوْمَهَا. وَقَدْ كَرِهَ ذَلِكَ مَالِكٌ وَغَيْرُهُ مِنْ الْعُلَمَاءِ، وَقَدْ أَبَاحَهُ جَمَاعَةٌ مِنْ النَّاسِ وَلَمْ يَرَوْا بِهِ بَأْسًا، وَإِنَّمَا كَرِهَ ذَلِكَ مَالِكٌ لِمَا خَافَ مِنْ إلْحَاقِ عَوَامِّ النَّاسِ ذَلِكَ بِرَمَضَانَ وَأَنْ لَا يُمَيِّزُوا بَيْنَهَا وَبَيْنَهُ حَتَّى يَعْتَقِدُوا جَمِيعَ ذَلِكَ فَرْضًا.

Terjemahan : “Permasalahannya memang demikian sebagaimana yang dikatakan (oleh Imam Malik). Sesungguhnya puasa 6 hari setelah hari Aidil Fitri, bukanlah termasuk hari-hari yang sengaja dihidupkan dengan berpuasa oleh para salaf. Imam Malik dan sebagian ulama yang lain memakruhkannya, sebagian lagi membolehkannya, menurut mereka tidak mengapa. Imam Malik memakruhkannya semata-mata karena kuatir orang-orang awam akan menganggap 6 hari tersebut sebagai bagian atau kelanjutan dari puasa Ramadhan. Beliau kuatir orang-orang nantinya tidak bisa membedakan (status hukum) antara 6 hari Syawwal tersebut dengan hari-hari Ramadhan, sehingga mereka meyakini semuanya bersifat fardhu (wajib).”
Sumber : Link


Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah ketika memberi komen pendapat Imam Malik rahimahullah berkata dalam Al-Istidzkaar (3/379) :


لم يبلغ مالكا حديث أبي أيوب على أنه حديث مدني والإحاطة بعلم الخاصة لا سبيل إليه والذي كرهه له مالك أمر قد بينه وأوضحه وذلك خشية أن يضاف إلى فرض رمضان وأن يستبين ذلك إلى العامة وكان - رحمه الله - متحفظا كثير الاحتياط للدين

وأما صيام الستة الأيام من شوال على طلب الفضل وعلى التأويل الذي جاء به ثوبان - رضي الله عنه - فإن مالكا لا يكره ذلك إن شاء الله لأن الصوم جنة وفضله معلوم لمن رد طعامه وشرابه وشهوته لله تعالى وهو عمل بر وخير وقد قال الله عز وجل وافعلوا الخير الحج 77 ومالك لا يجهل شيئا من هذا.


ولم يكره من ذلك إلا ما خافه على أهل الجهالة والجفاء إذا استمر ذلك وخشي أن يعدوه من فرائض الصيام مضافا إلى رمضان وما أظن مالكا جهل الحديث والله أعلم لأنه حديث مدني انفرد به عمر بن ثابت وقد قيل إنه روى عنه مالك ولو لا علمه به ما أنكره وأظن الشيخ عمر بن ثابت لم يكن عنده ممن يعتمد عليه وقد ترك مالك الاحتجاج ببعض ما رواه عن بعض شيوخه إذا لم يثق بحفظه ببعض ما رواه وقد يمكن أن يكون جهل الحديث ولو علمه لقال به والله أعلم


Terjemahan : “(Imam) Malik tidak mengetahui hadis Abu Ayyub sebagai salah satu hadis penduduk Madinah. Sebab mengetahui secara mendalam terhadap ilmu tertentu tidak mungkin dilakukan. Apa yang dimakruhkan Malik telah ia jelaskan, iaitu ditakutkan puasa itu akan disamakan dengan puasa wajib Ramadan oleh orang awam. (Imam) Malik rahimahullah termasuk orang yang sangat berhati-hati dalam masalah agama.

Sedangkan puasa enam hari bulan Syawal untuk mendapatkan keutamaannya dan seperti apa yang dijelaskan dalam hadis Tsauban radliyallaahu ‘anhu, maka itu tidak dimakrukan (Imam) Malik insya Allah. Sebab puasa adalah perisai dan keutamaannya diketahui oleh orang yang menahan makan, minum, dan nafsunya karena Allah. Ia juga sebuah amal kebajikan, sedang Allah telah berfirman : “Dan kerjakanlah kebajikan” (QS. Al-Hajj : 77). Malik tentu mengetahui itu.

(Imam) Malik tidak memakruhkan puasa Syawal melainkan karena kekhawatirannya bila itu dilakukan langsung (setelah Ramadlan) orang awam akan menganggapnya termasuk puasa wajib Ramadan. Aku berpikiran Imam Malik tidaklah jahil tentang hadis ini, wallaahu a’lam, kerana itu adalah hadis penduduk Madinah yang diriwayatkan sendiri oleh ‘Umar bin Tsabith. Bahkan dikatakan Malik meriwayatkan darinya. Jadi, jika Malik tidak mengetahui hadis itu, tentu ia tidak mengingkarinya. Dan aku mengira juga bahwa guru ‘Umar bin Tsabith termasuk orang yang tidak diterima Malik. Apalagi Malik tidak menerima hadis yang diriwayatkannya dari sebagian gurunya karena ia tidak percaya dengan hafalannya pada sebagian riwayatnya. Atau mungkin juga Malik memang tidak tahu hadis tersebut. Sebab jika ia tahu, tentu ia tidak mengatakan demikian (mengingkari puasa Syawal). Wallaahu a’lam”.

Sumber : Link

Dr. Maza dalam blognya menyatakan bahawa al-Imam Malik bin Anas (meninggal 179H) menganggap makruh puasa enam hari pada Bulan Syawwal, namun pendapat tersebut dianggap tidak kuat. Dalam al-Muwatta riwayat al-Imam Malik bin Anas disebutkan:
Malik berpendapat mengenai puasa enam hari selepas Idil Fitri bahawa beliau tidak pernah melihat ilmuwan dan ahli fekah melakukan puasa tersebut. Tidak sampai kepadanya apa-apa riwayat daripada ulama salaf mengenai hal itu. Ilmuwan memakruhkan puasa tersebut. Mereka bimbang kebidahannya. Bimbang golongan jahil mengaitkannya dengan Ramadan”. (al-Muwatta’, 1/330 –bil: 857. Beirut: Muassasah al-Risalah).
Maksudnya, beliau menyatakan makruh sebab beliau tidak melihat ahli ilmuwan di Madinah ketika itu mengamalkannya dan bimbang puasa tersebut dianggap wajib oleh mereka yang jahil. Adapun riwayat hadis di atas yang menggalakkan puasa enam hari Syawwal dianggap tidak kukuh disebabkan rawi Sa’d bin Sa’id bin Qais adalah masalah hafalan maka dianggap tidak kuat jika dia bersendirian (infirad) dalam riwayat. Di samping itu al-Imam Malik mengukurnya dengan amalan ilmuwan Madinah pada zamannya yang beliau dapati tidak mengamalkannya.



Sumber : Link



[2] Dalam sahih Muslim Ibnul Mubarak meriwayatkan hadis puasa 6 dari Sa'd bin Sa'id.

Ibnu al-Mubarak bukan golongan Madinah.

Sanadnya : Ibnul Mubarak-Sa'd-Umar bin Tsabit.

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَعَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ جَمِيعًا عَنْ إِسْمَعِيلَ قَالَ ابْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِي سَعْدُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ ثَابِتِ بْنِ الْحَارِثِ الْخَزْرَجِيِّ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ وَحَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا سَعْدُ بْنُ سَعِيدٍ أَخُو يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ ثَابِتٍ أَخْبَرَنَاأَبُو أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ بِمِثْلِهِ وَحَدَّثَنَاه أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ سَعْدِ بْنِ سَعِيدٍ قَالَ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ ثَابِتٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا أَيُّوبَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِهِ

Sahih Muslim, Kitab Puasa, Bab Disunnahkan Puasa Enam Hari Pertama Pada Bulan Syawwal. 1164

Yahya bin Ayub, Qutaibah bin Said dan Ali bin Hujr menyampaikan kepada kami dari Ismail (Ibu Ayub berkata, Ismail Bin Ja'far menyampaikan kepada kami) dari Sa'd bin Said bin Qais yang mengkhabarkan Umar bin Tsabith bin al-Harith al-Khazraji, dari Abu Ayub al-Ansari bahawa Rasullullah sallallahu alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawwal, seolah-olah dia berpuasa sepanjang tahun.”

Ibnu Numair menyampaikan kepada kami dari ayahnya, dari Sa'd bin Said, saudara Yahya bin Said, yang mengkhabarkan dari Umar bin Tsabith bahawa Abu Ayub al-Ansari berkata, “Aku mendengar Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda,” seperti hadis sebelumnya.

Abu Bakar bin Abu Syaibah menyampaikan kepada kami dari Abdullah bin al-Mubarak, dari Sa'd bin Said, dari Umar bin Tsabith yang mengatakan, “Aku mendengar dari Abu Ayub bahawa Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda,” seperti hadis sebelumnya.

Sumber : Link

Dalam riwayat di atas, Ibnul Mubarak meriwayatkan hadis ini (dari Sa'd bin Said). Beliau Ibnul Mubarak merupakan guru kepada Imam Malik. Abdullah bin al-Mubarak rahimahullah (wafat 179H, sama dgn I.Malik rah.) antara guru Imam Malik yang mengambil riwayat Imam Malik. (sumber Tahzib at-Tahzib ms 131 jilid 4) .

Sa'd bin Sa'id bin Qais saudara kepada Yahya bin Said al-Ansari (wafat 144H). Sumber Tahzib at-Tahzib. Maknanya mereka sezaman. Dalam Sahih Muslim Sa'd bin Sa'id bin Qais juga meriwayatkan hadis puasa 6 dari Umar bin bin Tsabit bin Harits bin al-Khazriji. Ibnu Said al-Ansari adalah ulama Madinah.

Dalam Jaami at-Tirmizi . Abu Isa berkata para ahli hadis mencela Sa'd bin Said dari segi hafalan. (No.759).

Dalam hal ini, Dr MAZA berkata : “Adapun riwayat hadis di atas yang menggalakkan puasa enam hari Syawwal dianggap tidak kukuh disebabkan rawi Sa’d bin Sa’id bin Qais adalah masalah hafalan maka dianggap tidak kuat jika dia bersendirian (infirad) dalam riwayat. Di samping itu al-Imam Malik mengukurnya dengan amalan ilmuwan Madinah pada zamannya yang beliau dapati tidak mengamalkannya.

Saya (Abu Hud) mendengar Ustaz Adlan hafizahullah berkata : “Imam Malik tidak menolak hadis ini. Fatwa Imam Malik rahimahullah ini khas pada waktu itu. Kemungkinan Imam Malik mengetahui hadis ini cuma fiqhnya tidak digunapakai, kerana ada dikalangan guru Imam Malik sendiri meriwayatkan hadis puasa 6”




[3] Dalam Jaami at-Tirmizi . Abu Isa berkata para ahli hadis mencela Sa'd bin Said dari segi hafalan. (No.759) . Dalam Jaami' at-Tirmidzi, Kitab Puasa :-


حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا سَعْدُ بْنُ سَعِيدٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ فَذَلِكَ صِيَامُ الدَّهْرِ وَفِي الْبَاب عَنْ جَابِرٍ وَأَبِي هُرَيْرَةَ وَثَوْبَانَ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي أَيُّوبَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ اسْتَحَبَّ قَوْمٌ صِيَامَ سِتَّةِ أَيَّامٍ مِنْ شَوَّالٍ بِهَذَا الْحَدِيثِ قَالَ ابْنُ الْمُبَارَكِ هُوَ حَسَنٌ هُوَ مِثْلُ صِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ قَالَ ابْنُ الْمُبَارَكِ وَيُرْوَى فِي بَعْضِ الْحَدِيثِ وَيُلْحَقُ هَذَا الصِّيَامُ بِرَمَضَانَ وَاخْتَارَ ابْنُ الْمُبَارَكِ أَنْ تَكُونَ سِتَّةَ أَيَّامٍ فِي أَوَّلِ الشَّهْرِ ص: 133 ] وَقَدْ رُوِيَ عَنْ ابْنِ الْمُبَارَكِ أَنَّهُ قَالَ إِنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ مِنْ شَوَّالٍ مُتَفَرِّقًا فَهُوَ جَائِزٌ قَالَ وَقَدْ رَوَى عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ وَسَعْدِ بْنِ سَعِيدٍ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ عُمَرَ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَذَا وَرَوَى شُعْبَةُ عَنْ وَرْقَاءَ بْنِ عُمَرَ عَنْ سَعْدِ بْنِ سَعِيدٍ هَذَا الْحَدِيثَ وَسَعْدُ بْنُ سَعِيدٍ هُوَ أَخُويَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيِّ وَقَدْ تَكَلَّمَ بَعْضُ أَهْلِ الْحَدِيثِ فِي سَعْدِ بْنِ سَعِيدٍ مِنْ قِبَلِ حِفْظِهِ حَدَّثَنَا هَنَّادٌ قَالَ أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الْجُعْفِيُّ عَنْ إِسْرَائِيلَ أَبِي مُوسَى عَنْ الْحَسَنِ الْبَصْرِيِّ قَالَ كَانَ إِذَا ذُكِرَ عِنْدَهُ صِيَامُ سِتَّةِ أَيَّامٍ مِنْ شَوَّالٍ فَيَقُولُ وَاللَّهِ لَقَدْ رَضِيَ اللَّهُ بِصِيَامِ هَذَا الشَّهْرِ عَنْ السَّنَةِ كُلِّهَا


Ahmad bin Mani' menyampaikan kepada kami dari Abu Muawiyah, dari Sa'd din Said bin Tsabit, dari Ayyub bahawa Rasullullah sallallahu alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang berpuasa Ramadhan dan dilanjutkan dengan puasa enam hari pada bulan Syawal, hal itu sama dengan puasa setahun penuh.”

Terkait dengan hal ini juga hadis riwayat Jabir, Abu Hurairah dan Tsauban.
Abu Isa berkata, “Hadis Abu Ayyub ini adalah hadis hasan sahih. Sebahagian ulama menganjurkan untuk berpuasa enam hari pada bulan Syawwal berdasarkan hadis ini.

Ibnul Mubarak berkata, “Pendapat itu baik, seperti berpuasa tiga hari pada pertengahan tiap bulan.” Ibnul Mubarak melanjutkan, “Telah diriwayatkan disetengah hadis bahawa puasa ini lanjutan daripada puasa Ramadhan.” Ibnul Mubarak memilih dan lebih menyukai berpuasa enam hari pada awal bulan berturut-turut, namun tidak mengapa jika berpuasa enam hari tanpa berturutan.”

Abu Isa berkata, “Abdul Aziz bin Muhammad meriwayatkan hadis ini dari Sofwan bin Sulaim dan Sa'd bin Said, dari Umar bin Tsabit dari Abu Ayub, dari Nabi sallallahu alaihi wasallam. Begitu juga Syu'bah meriwayatkan hadis ini dari Warqa' bin Umar, dari Sa'd bin Said seperti hadis ini. Sa's bin Said adalah saudara kepada Yahya bin Said al-Ansari, para ahli hadis mencela Sa'd bin Said dari segi hafalannya.

Hannad menyampaikan kepada kami dari al-Husain bin Ali al-Ju'fi yang mengkhabarkan dari Israil Abu Musa bahawa al-Hasan al-bashri berkata, “Jika disebutkan padanya puasa enam pada bulan Syawwal, dia berkata, 'Demi Allah, sungguh Allah telah redha dengan puasa enam hari pada bulan Syawwal sebanding dengan puasa setahun penuh.'”
Sumber : Link


Abu Hud Fhaiq Amrie al Mi'maariy,
Putrajaya
Semoga Allah merahmati al-Imam Malik


Comments